Kunjungan Peserta KKL UNJ

Hari ini (7/11) Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Program Magister PKLH & Manajemen Lingkungan melakukan kunjungan ke TPST Bantargebang, Bekasi. Dalam kunjungan kali ini peserta bisa melihat langsung bagaimana pengelolaan sampah di TPST Bantargebang yang dikelola langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Beberapa pengolahannya ialah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan Pengomposan.

Peserta juga bisa melihat langsung kegiatan dititik buang Zona 1 dengan menaiki gundukan sampah yang sudah ditutupi geomembrane, kemudian juga mengunjungi salah satu Instalasi Pengolahan Air Sampah (IPAS) dan melihat bagaimana pengolahan air lindi atau leachate sebelum dibuang ke badan air.

Sebelum peserta melakukan safari keliling TPST Bantargebang, peserta terlebih dahulu diberikan materi pengenalan Area TPST Bantargebang diruangan Edukasi Gedung PLTSa.

Paparan Materi

 

Kegiatan kunjungan edukasi ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang secara langsung dapat diamati di lapangan. Dengan adanya Kunjungan Edukasi kali ini, diharapkan peserta dari Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Program Magister PKLH & Manajemen Lingkungan mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang sampah.