Wisata Edukasi Warga Jakarta Utara

Wisata Edukasi adalah suatu perjalanan wisata yang memiliki nilai tambah edukasi, tidak sekadar berwisata, tetapi juga memiliki tujuan untuk menambah nilai-nilai edukasi atau pendidikan bagi wisatawan. Kegiatan kunjungan edukasi ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang secara langsung dapat diamati di lapangan. Biasanya tujuan wisata edukasi adalah tempat-tempat yang memiliki nilai tambah sebagai sebuah area wisata, seperti kawasan perkebunan, kebun binatang, tempat penangkaran hewan langka, pusat-pusat penelitian dan lain sebagainya. Tetapi, pada kesempatan kali ini warga dari Jakarta Utara berkesempatan untuk berwisata edukasi di salah satu TPA terbesar di Indonesia, yaitu TPST Bantargebang.

Bantargebang adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Di kecamatan ini terdapat tempat penampungan sampah akhir yang menjadi tempat utama pembuangan sekitar 7.400 ton sampah per hari dari seluruh wilayah Jakarta. Saat ini TPST Bantargebang juga dijadikan sebagai tempat wisata edukasi sampah yang menyediakan berbagai fasilitas. Di sini juga terdapat banyak program dan acara bagi pengunjung seperti pemaparan materi pengenalan tentang TPST Bantargebang, dan safari mengelilingi area TPST.

Wisata Edukasi ini sangat bermanfaat bagi Warga Jakarta Utara, seperti meningkatkan wawasan masyarakat tentang sampah. Kemudian juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi produksi sampah dari sumber. Memberikan Warga Jakarta utara kesempatan untuk bisa melihat langsung kondisi di lapangan atau kondisi TPST Bantargebang. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta juga berharap dengan adanya Wisata Edukasi ini Masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya masalah tentang Sampah.