Selain Pengolahan Sampah, ITF menjadi tempat wisata edukasi

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan proyek pengolah sampah intermediate treatment facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara. Anies juga berencana menjadikan proyek pengolah sampah sebagai pusat wisata edukasi.

"(ITF) Selain mengelola sampah, tapi juga jadi pendidikan warga. Di mana warga di Jakarta mendatangi pengolahan sampah bukan sebagai yang dijauhi, tapi bisa menjadi salah satu objek wisata pendidikan di Jakarta," kata Anies di lokasi ITF, Jalan RE Martadinata, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (20/12/2018).

Anies mengatakan ITF yang dibangun di negara lainnya juga diintegrasikan dengan kegiatan komersial lainnya. Dia berharap ITF tersebut dibangun dengan standar yang tinggi.

"Kita lihat di beberapa negara rancangannya bukan pabrik, tapi dirancang dengan kegiatan-kegiatan komersial lainnya," jelas Anies.


Anies menuturkan ITF di Sunter bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Dia mengatakan ITF ini menjadi solusi sampah di Jakarta.

"Persoalan sampah, masalah menahun. Kita harus menyelesaikannya secara sistemik. Pembangunan ITF merupakan langkah yang sangat tepat," jelasnya.

ITF di Sunter dibangun oleh BUMD PT Jakarta Propertindo yang bekerja sama dengan perusahaan Finlandia Fortum. ITF ditargetkan selesai 2-3 tahun ke depan.

 

sumber : news.detik.com