Urban Farming sisi lain dari TPST Bantar Gebang

jakarta, 

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang merupakan tempat pembuangan sampah milik DKI Jakarta dan sebagian milik Pemkot Bekasi, selama ini kita mengenal tempat tersebut hanya melihat sebuah tempat sampah skala besar dan pasti kumuh.

Namun ternyata di TPST Bantar Gebang memiliki sebuah sisi yang sangat hijau, asri dan sangat bersih yaitu areal Komposting, di tempat tersebut memiliki sebuah spot yang kita namakan Urban Farming. Tempat kami bercocok tanam dengan memanfaatkan bahan kompos yang kita olah sendiri dan kita gunakan sendiri sebagai percotohan untuk digunakan ditempat lain.

Disini Urban Farming tersebut kita menanam sayuran, buah-buahan dan tanaman hias serta kita membuat sebuah jogging track dan taman interaksi untuk para petugas sekedar melepas lelah. Telah banyak kunjungan ke areal Urban Farming TPST Bantar Gebang dan mereka semua sempat terheran karena tidak menyangka di tempat sampah yang sangat besar se asia tenggara ini bahkan mungkin dunia masih ada tempat yang asri, hijau, sejuk dan teduh.

Rabu tanggal 19 Maret 2018 Bapak Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Bapak Saefullah menyempatkan bertandang ke Urban Farming kami untuk sekedar menikmati suasana dan sambil memanen buah piasang, singkong serta pepaya.

Kami ke depan akan terus mengembangkan Urban Farming untuk skala industri dan sebagai tempat belajar tentang bercocok tanam dan sebagai tempat studi persampahan nasional.